LintasPos.com

ARTICLE

Softlens sebagai Alat Bantu Mempertajam Penglihatan



Softlens sebagai Alat Bantu Mempertajam Penglihatan

Mata merupakan organ penglihatan yang dimiliki makhluk hidup, untuk dapat melihat dunia dan seisinya. Organ penglihatan ini, menjadi organ utama yang perlu dijaga kesehatannya oleh makhluk hidup terutama manusia. Jika terjadi sesuatu keluhan pada mata, tentunya kita akan mengalami berbagai kendala dalam hal lainnya. Sebagai contoh seorang manusia dengan problem mata minus ataupun plus, pastinya akan memiliki keterbatasan untuk mengakses berbagai benda ataupun hal lain dengan mata telanjang. Untuk membantu penglihatan manusia dengan problem pada mata, tentunya dibutuhkan sebuah alat bantu seperti kacamata ataupun alat bantu lainnya. Penggunaan kacamata pun terkadang juga tidak sepenuhnya dapat membantu memberikan bantuan secara penuh pada daya penglihatan orang yang memiliki problem dengan kesehatan mata. Berbagai kendala seperti enggan dalam menggunakan kacamata, ataupun berat, menjadi kendala tersendiri. Untuk mengatasi kendala tersebut kini orang dengan masalah kesehatan dapat menggunakan softlens atau lensa kontak sebagai alat bantu mempertajam penglihatan.Mata merupakan organ penglihatan yang dimiliki makhluk hidup, untuk dapat melihat dunia dan seisinya. Organ penglihatan ini, menjadi organ utama yang perlu dijaga kesehatannya oleh makhluk hidup terutama manusia. Jika terjadi sesuatu keluhan pada mata, tentunya kita akan mengalami berbagai kendala dalam hal lainnya. Sebagai contoh seorang manusia dengan problem mata minus ataupun plus, pastinya akan memiliki keterbatasan untuk mengakses berbagai benda ataupun hal lain dengan mata telanjang. Untuk membantu penglihatan manusia dengan problem pada mata, tentunya dibutuhkan sebuah alat bantu seperti kacamata ataupun alat bantu lainnya. Penggunaan kacamata pun terkadang juga tidak sepenuhnya dapat membantu memberikan bantuan secara penuh pada daya penglihatan orang yang memiliki problem dengan kesehatan mata. Berbagai kendala seperti enggan dalam menggunakan kacamata, ataupun berat, menjadi kendala tersendiri. Untuk mengatasi kendala tersebut kini orang dengan masalah kesehatan dapat menggunakan softlens atau lensa kontak sebagai alat bantu mempertajam penglihatan.

Selain dapat membantu mempertajam penglihatan orang dengan gangguan kesehatan mata, lensa kontak juga dapat digunakan sebagai sebuah aksesoris mata, karena kini telah dirancang dalam berbagai varian model dan berbagai pilihan warna menarik lainnya. Penggunaan lensa kontak ini akan berbeda dengan kacamata, dan tidak memiliki beban seperti kacamata, karena nantinya lensa kontak ini akan dipasangkan pada bagian kornea mata para penderita keluhan kesehatan mata. Alat bantu lihat ini terbuat dari bahan plastik, dimana didalamnya mengandung air, sehingga dapat membantu penglihatan para penggunanya.

Untuk dapat menjadi lensa kontak ini sebagai alat bantu dalam mempertajam penglihatan bagi para penderita keluhan kesehatan terhadap mata, beberapa hal dalam pemilihan lensa kontak haruslah diperhatikan, agar nantinya lensa kontak tersebut tidak menimbulkan efek negatif lain bagi kesehatan mata kita. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan softlens sebagai alat bantu mempertajam penglihatan, antara lain adalah:

  • Utamakan memilih jenis lensa kontak, yang dapat memberikan oksigen pada kornea mata, hal ini lebih disebabkan karena mata tetap membutuhkan oksigen untuk membantu sistem kerjanya.
  • Pilihlah lensa kontak yang mengandung air, agar lensa tersebut dapat menjaga kelembaban dari kornea mata. Lensa kontak yang kering, dapat menyebabkan iritasi pada mata, sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan mata menjadi gatal dan terganggu kesehatannya.
  • Pilih lensa kontak dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran mata penggunanya, agar selain pas digunakan, lensa kontak tidak akan menganggu aktivitas kerja pada mata.

Jika digunakan tidak hanya sebagai alat bantu penglihatan, dan Anda ingin menggunakannya sebagai aksesoris kecantikan mata, maka pastikan bahwa Anda memperhatikan kualitas lensa kontak tersebut. Pastikan pula Anda memilih warna lensa kontak sesuai dengan warna kulit yang Anda miliki. Pemilihan ini menjadi penting untuk diperhatikan, agar nantinya Anda tidak terlihat norak dan terlalu memaksakan dalam menggunakan lensa kontak tersebut.

Pemilihan lensa kontak dengan merek yang dianjurkan oleh dokter mata, akan menjadikan pemakaian lebih aman dan tidak banyak menimbulkan resiko bagi kesehatan mata Anda. Oleh karenanya sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan softlens baik dengan tujuan sebagai alat bantu penglihatan ataupun alat kecantikan, ada baiknya Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter mata, agar nantinya Anda dapat memperoleh resep dan pengarahan yang tepat dari dokter mata tersebut. Pakailah cara pemakaian lensa kontak yang tepat dan ikuti arahan yang ada pada leaflet ataupun sesuai anjuran dari para ahli, agar mata dapat bekerja dengan optimal

Please Share Softlens sebagai Alat Bantu Mempertajam Penglihatan :


Twitter Facebook Google+

RELATED

Softlens sebagai Alat Bantu Mempertajam Penglihatan


contoh masalah kesehatansoflen 2017Soplen yang aman untuk mata mines