LintasPos.com

ARTICLE

Joran Trolling dari Spesifikasi, Ciri-cirinya, dan Bagian-bagiannya



Joran Trolling dari Spesifikasi, Ciri-cirinya, dan Bagian-bagiannya

Joran merupakan alat panjang yang adalah bagian tongkat untuk digunakan memancing. Ada banyak jenis rod yang bisa dipilih salah satunya adalah jenis reel trolling diantara jenis rod lainnya. Teknik memancing ini merupakan jenis teknik yang membutuhkan rod khusus karena juga menggunakan cara untuk mendapatkan ikannya dengan cara trolling. Dimana untuk ikan yang berhasil dipancing dan menggigit umpan yang ada akan diseret ketika masih dalam gigitan tersebut. Kemudian pemancing nya akan menarik rod tersebut yang telah digigit ikan di atas kapal yang mempunyai kecepatan tertentu.

Untuk jenis rod trolling ini memang merupakan teknik memancing yang dilakukan di atas kapal masih berjalan dengan kecepatan tertentu. Apabila menggunakan teknik ini biasanya dilakukan di laut sehingga untuk ikan yang diincar nya juga tidak main-main bukan ikan kecil tetapi ikan besar seperti tuna, lemadang, wahoo, dan juga banyak ikan laut besar lainnya. Jenis teknik trolling ini merupakan jenis teknik yang mudah karena hanya cukup untuk mengulur lure yang terkait pada senar dan kemudian tinggal untuk menariknya apabila telah digigit oleh ikan. Untuk bentuk dari reel trolling ini hampir sama dengan bait casting reel tetapi mempunyai beberapa perbedaan dari spesifikasinya yang ada.

Apabila akan menggunakan joran trolling ini Anda harus mengetahui spesifikasinya seperti berikut ini:

  • Rod trolling ini menggunakan sistem spool dimana bisa untuk memutar dari arah depan dan juga belakang. Sehingga bisa untuk dua-duanya apabila akan memutar senar dari rod tersebut.
  • Bentuk dari reelnya adalah silinder yang mempunyai kapasitas senar lebih banyak daripada jenis yang lain.
  • Untuk jenis rod ini mempunyai clicker yang bisa untuk berbunyi apabila akan ada umpan yang dimakan. Sehingga proses menunggu tersebut tidak akan membosankan dan akan lebih efisien untuk dapat melakukan banyak hal.
  • Reel trolling ini juga mempunyai aturan untuk senar dan mempunyai drag yang berbentuk star drag dan juga lever drag.
  • Handle nya terletak pada sebelah kanan di atas rod nya.
  • Teknik trolling ini dapat untuk menyeret umpan bagi yang memancing di atas kapal dengan kecepatan tertentu.

Bagi yang akan menggunakan teknik trolling ini tentu saja harus mengetahui bagian-bagian yang ada pada rodnya. Dimana bagian pada rod trolling ini adalah sebagai berikut ini:

  • Clutch merupakan bagian yang merupakan tempat untuk keluar masuk dari senar.
  • Star drag dan lever drag adalah bagian untuk mengatur tegangan senar.
  • Handle merupakan bagian untuk menggulung senar.
  • Speed knop adalah bagian yang bisa digunakan untuk menyetting kecepatan.
  • Reel stand merupakan bagian yang bisa untuk menjadi dudukan di rod.
  • Clicker merupakan tombol alarm pada rod.
  • Spool adalah bagian penampung senar.
  • Harness lugs merupakan bagian untuk tempat gantungan.

Untuk jenis drag yang ada pada jenis rod trolling ini telah disebutkan diatas ada dua jenis yaitu star dan lever drag. Dimana keduanya mempunyai perbedaan sendiri yaitu untuk star drag merupakan bagian yang untuk mengontrol senarnya menggunakan mekanisme preset. Sedangkan untuk jenis lever drag menggunakan setting dari free spool untuk mengejar ikan.

Selain itu untuk joran trolling ini juga mempunyai dua kecepatan yang bisa dipilih untuk memancing yang tepat. Untuk yang pertama adalah high speed yang mempunyai jenis cocok untuk memancing ikan yang kecil. Sedangkan untuk ikan yang besar cocok apabila menggunakan jenis kecepatan low speed sehingga mempunyai tarikan beban yang berat.

Please Share Joran Trolling dari Spesifikasi, Ciri-cirinya, dan Bagian-bagiannya :


Twitter Facebook Google+
macam reel pancingalat2 pancingjoran pancingjoran trolingjoran trolling shimanosenar rekomendasi buat trollingsenar untuk casting