LintasPos.com

ARTICLE

Tips Penulisan Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar



Tips Penulisan Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Dalam setiap persyaratan lowongan kerja, pasti ada surat lamaran yang harus dilampirkan. Tapi hal ini biasanya dikesampingkan, karena dianggap paling mudah dibuat. Ya, hanya sekadar copy-paste dari contoh yang ada di internet, diedit dan selesai.

Kendati demikian, banyak perusahaan yang menganggap surat lamaran kerja sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran yang Anda lampirkan. Oleh karenanya, sangat penting bagi para pelamar untuk bisa menulis surat lamaran kerja dengan baik. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda.

Terkesan Individual
Dalam penulisan surat lamaran, terkadang ada kesalahan yang membuat recruiter malas membacanya. Maka dari itu jika Anda ingin mengirim surat lamaran untuk banyak perusahaan, pastikan nama ‘targetnya’ tidak salah. Mulai dari nama perusahaan hingga orang yang dituju (bapak/ibu dan jabatan). Apabila Anda tidak tahu status pernikahan yang bersangkutan, gunakan saja awalan Ms., misalnya Ms. Suprapto.

Singkat, Padat dan Jelas
Kunci menulis surat lamaran agar menarik untuk dibaca adalah singkat, padat dan jelas. Jangan gunakan kalimat yang bertele-tele. Gunakan bahasa yang mudah dipahami serta jangan lebih dari satu halaman. Mengapa demikian? Perusahaan terkait pasti akan menerima surat lamaran dari puluhan atau bahkan ratusan pelamar. Maka sura yang terlalu panjang kemungkinan akan ‘disingkirkan’.

Isi
Isi merupakan suatu hal yang terpenting dan sudah ditentukan aturannya. Untuk itu jangan sampai salah menulis urutan surat lamaran kerja. Mulai dari pembukaan yang berisi di mana Anda mendapat info lowongan tersebut. Kemudian info mengenai pekerjaan Anda sekarang dan latar belakang pendidikan. Lalu ditutup dengan kalimat yang membuat pembaca yakin Anda layak mengisi lowongan tersebut.

Baca Ulang
Setelah semua selesai Anda tulis di komputer, jangan lupa untuk baca ulang dari awal. Pastikan tidak ada tulisan yang salah, baik pengejaan maupun kata-kata yang terlihat repetitif atau terlalu banyak diulang. Tata bahasa juga perlu Anda perhatikan agar lebih mudah dipahami saat dibaca. Kesalahan dalam pengejaan bisa membuat Anda kehilangan kesempatan pekerjaan, karena menggambarkan pribadi yang kurang teliti.

Rapi dan Bersih
Setelah surat lamaran kerja dicetak, jangan sampai terkena noda atau rusak. Pastikan surat lamaran Anda sampai ke tangan recruiter dalam kondisi yang layak terima dan layak baca. Hal ini akan menjadi nilai plus bagi Anda. Ingat, hindari menulis surat lamaran secara manual. Ini sangat tidak disarankan, apalagi penuh dengan coretan tip-ex atau sejenisnya.

Demikian tips penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Jangan lupa untuk kembali melakukan cek dan ricek sebelum benar-benar Anda serahkan ke perusahaan yang Anda lamar. Selamat melamar pekerjaan dan semoga beruntung.

Please Share Tips Penulisan Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar :


Twitter Facebook Google+

RELATED

Tips Penulisan Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


contoh surat lamaran kerjacontoh surat lamaran kerja tulis tangancontoh surat lamaransurat lamaran kerja tulis tangancontoh surat lamaran pekerjaancontoh cv lamaran tulis tangancontoh surat lamaran pekerjaan baik dan benarcontoh tulisan tangan lamaran pekerjaan